Dalam rangka studi banding kegiatan pembelajaran mahasiswa atau kurikulum pendidikan, Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri yang diwakili oleh 3 dosen dari Fakultas Teknik yaitu Elsanda Merita Indrawati, S.Pd., M.Pd (Teknik Elektro), Hisbulloh Ahlis Munawi, SE., MT (Teknik Industri), dan Rachmad Santoso, ST., M.MT (Teknik Industri) menyelenggarakan kunjungan kerja ke Jurusan Teknik Industri Universitas Brawijaya (TI-UB) pada Selasa, 18 April 2018.

Kedatangan delegasi UNP Kediri disambut oleh Ketua Jurusan Oyong Novareza, ST., MT., Ph.D, Sekretaris Jurusan Rahmi Yuniarti, ST., MT., dan Ketua Unit Jaminan Mutu (UJM) Nasir Widha Setyanto, ST., MT.

Diskusi yang dilakukan di Ruang Rapat Lantai 4 Gedung Baru Tenik Industri, kedua belah pihak saling berdiskusi dan berbagi pengalaman khususnya mengenai proses belajar mengajar di masing-masing kampus.

Di awal kegiatan, Hisbulloh mewakili UNP Kediri memperkenalkan sekilas profil kampus yang berlokasi di Mojoroto, Kediri ini. Dikatakannya, Fakultas Teknik UNP Kediri memiliki 5 program studi (prodi). Antara lain prodi Sarjana (S1) Teknik Mesin, prodi Diploma (D3) Teknik Industri, prodi D3 Teknik Elektro, prodi S1 Teknik Informatika, dan prodi S1 Sistem Informasi.

“Kami ingin menjadikan kurikulum yang diterapkan di Teknik Industri UB menjadi salah satu rujukan untuk kurikulum yang akan dikembangkan di tempat kami, khususnya di prodi Teknik Industri,” katanya.

Ketua Jurusan TI-UB Oyong Novareza menyambut dengan baik maksud dari delegasi UNP Kediri.

Disampaikannya, kurikulum yang disusun TI-UB menyesuaikan dengan kurikulum inti Teknik Industri yang telah disusun oleh Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI). Kurikulum ini juga memperhatikan ciri khusus yang dimiliki oleh pemangku kepentingan TI-UB.

“Semoga apa yang telah disampaikan dan didiskusikandalam kegiatan ini bisa bermanfaat untuk kedua belah pihak,” kata doktor lulusan University of Wollongong tersebut.

Oyong juga berharap, dengan adanya studi banding ini dapat memperkuat hubungan silaturahmi diantara kedua institusi. 

Leave a Comment

1 × 4 =